INI DIA CARA MELACAK KONVERSI IKLAN DI GOOGLE ADS [update 2020]

Sebelum kita bahas cara melacak konversi iklan di Google Ads ini, alangkah baiknya kita simak apa itu konversi. Google Ads sendiri mendefinisikan konversi sebagai tindakan yang dihitung saat seseorang berinteraksi dengan iklan Anda. Misalnya meng klik iklan atau dengan menayangkan vidio, lalu orang itu melakukan tindakan bernilai bagi bisnis Anda, seperti membeli online atau panggilan ke bisnis dari ponsel. Simpelnya begini, konversi itu hitungan per klik iklan atau per klik vidio iklan yang ditayangkan.

Lalu apa fungsi dari tracking konversi ini ?. Fungsinya adalah untuk mengetahui aktivitas apa yang dilakukan setelah orang meng klik iklan Anda, seberapa besar dampak atau efektifitas dari iklan yang Anda pasang di Google Ads dalam meningkatkan penjualan produk Anda.

Nah sekarang kita akan membahas cara melakukan konversi (melacak Konversi). Langkah pertama dalam melacak konversi adalah memilih jenis konversi yang ingan Anda lacak. Berikut jenisnya.

Jika Anda ingin melacak:

  • Pembelian situs, pendaftaran newsletter, klik tombol, atau tindakan situs lainnya
  • Pelanggan menginstal aplikasi atau membeli dari aplikasi anda
  • Panggilan telepon
  • Konversi offline, seperti kunjungan toko atau panggilan telepon setelah iklan anda berjalan

Link Petunjuk pelacakan

  • Menyiapkan tracking konversi untuk situs
  • melacak aplikasi seluler menggunakan firebase, konversi aplikasi android, IOS, Third party tracker
  • melacak telepon dari iklan, melacak panggilan ke nomor telepon di situs web, melacak klik nomor telepon di situs versi mobile

Misal anda ingin melacak konversi dari Pembelian situs, pendaftaran newsletter, klik tombol,
atau tindakan situs lainnya, maka klik link di kotak sebelah kanan. untuk melacak tindakan
pelanggan di situs Anda. Anda akan menyiapkan tindakan konversi di akun Google Ads dan

mendapatkan kode yang disebut “tag”. Untuk menyelesaikan penyiapan tracking konversi, Anda akan menambahkan tag tracking konversi ke situs Anda.

Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan Google Tag Manager Google Tag Manager adalah sistem pengelolaan tag yang memungkinkan Anda memperbarui tag dan cuplikan kode di situs dengan cepat dan mudah. Anda dapat menggunakan Google Tag Manager untuk menginstal tag tracking konversi.

  • Salin ID Konversi dan Label konversi (ditampilkan di tab ini) untuk tindakan konversi Anda.
  • Ikuti petunjuk untuk menyiapkan tracking konversi Google Ads di Google Tag Manager. Penting: Untuk memastikan pelacakan yang sesuai di semua browser, pastikan Anda menambahkan tag Conversion Linker dan mengonfigurasinya agar aktif di semua halaman web.
  • Klik berikutnya dan selesai
  • Jika Anda melacak klik di situs sebagai konversi, Anda harus menyelesaikan langkah penyiapan tambahan di Google Tag Manager. Tindakan ini diperlukan agar tracking konversi berfungsi. Pilih salah satu dari 2 opsi di bawah:
  • Dasar: Siapkan pemicu klik sehingga tag tracking konversi aktif saat klik yang relevan terjadi.
  • Lanjutan: Tambahkan panggilan fungsi ke kode untuk link, tombol, atau gambar tombol. Kemudian, siapkan pemicu peristiwa kustom sehingga tag tracking konversi aktif saat peristiwa (dalam kasus ini, klik) terjadi.

Nah bagi Anda yang baru bergabung di Google Ads slikan mencobanya, karena hal ini penting untuk perkembangan bisnis Anda kedepanya.
Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*